banner

Saturday, March 16, 2013

Keliling Dunia ke 6: Port Said, Mesir

Bulan lalu rame banget berita di tipi nyiarin bentrok antar suporter bola di Port Said. Mendengar hal itu, gw sebenernya ga heran. Hehehe... Soalnya tiap ke sana dan ngeliat orang2 asli sana emang serem. Badan nya juga besar, perilakunya juga sedikit yang ramah.
Selama gw kerja di Peace Boat, kami emang sering banget mampir ke Port Said, Mesir. Kota ini strategis banget sebagai kota perdagangan karena menghadap ke Terusan Suez. Kabarnya Terusan Suez mulai digali dari Port Said ini.

Di Ocean Dream, ada tempat nongkrong yang paling gw suka. Yaitu di deck 7 forward. Di sini kita bisa langsung ngeliat arah kapal berlayar dari depan kapal. Nah pas melintas di Terusan Suez, nongkrong di sini nih yang paling enak. Di bawah ini ada poto Bosun (baju putih) lagi nongkrong bareng anak buahnya nunggu instruksi dari perwira kapal sebelum bertandang ke Port Said.


 Sambil ngobrol2 sama kru yang lain, gw poto.

 
 Lagi nunggu kapal nyampe ke pelabuhan, ada kepala rumah makan yang lagi bersiin lonceng. Hehehe.. Gw ga ngerti ngapain dia di situ. Apa urusannya dia sama tuh lonceng. Hehehe... Menejer ini emang terkenal suka banget sama kapal. Gw heran, kenapa ga dari awal aja sekolah perkapalan yah...
 Wah bentar lagi kapalnya nyampe pelabuhan.
 Karena udah mau nyampe, Bosun dan kru yang lain siap2 di mooring deck.
 Harusnya gw ga boleh di dek terbuka gini nih kalo tali2 udah disiapin.. Berbahaya..
 Karena takut diomelin, gw ga ambil poto terlalu banyak di sini. Saatnya gw kerja juga. Hehehe...
Lalu tibalah kami di Port Said tanggal 4 Juni 2012 pukul 4 sore waktu setempat. Sebenernya sih gw lupa jam berapanya tapi karena lebih cepat dari jadwal, anggaplah jam 4 deh.
 Selesai kerja, gw pergi bentar ke luar buat nuker duit. Seinget gw kurs saat itu USD 1 sekitar 6 EGP (Pound). Di jalan, seperti biasa gw poto2 juga. Gw memberanikan diri minta poto beberapa penduduk lokal. Ternyata mereka ramah2.
 
 Ga lupa potoin kapal Peace Boat yang baru, Ocean Dream. Yang ini posisi dari belakang.
 Malemnya gw keluar lagi. Di depan kapal banyak banget pedagang yang buka lapak. Tapi berbeda dengan orang2 yang gw potoin sebelumnya, pedagan2 di sini galak. Tidak bersahabat kecuali kalian membeli barang mereka tanpa menawar. Tapi kalo ga nawar, barangnya mahal banget dan kualitasnya biasa aja. Hehehe..
Pas keluar gw ketemu lagi sama Sato-san dan Noni. Kayaknya mereka lagi mo ke KFC buat makan2 bareng anak store. Ga ketinggalan Dior juga mo ke sana kayaknya.
 Ke KFC di Port Said udah kayak ritual buat anak store. Biasanya gw juga ikutan, tapi kali ini gw pergi bareng Ishizaki-san, salah satu chef di kapal. Kami pengen nyobain makanan Mesir.
Sampailah kami di restoran yang suasananya kayaknya asik. Walaupun bahasa Inggris nya parah, palayannya baik. Berbekal bahasa tubuh kami pun memesan makanan. Yang di cangkir ini bukan minuman, tapi sup ayam.
 Rupanya spesialisasi restoran ini adalah ayam. Jadi kami memesan ayam panggang dan teman2nya seperti salad dan kentang.
 
 Ayam nya enak banget. Sangat empuk dan bumbunya mantap. Porsinya pun besar, gw sama dia ga abis makan semuanya.
 Keesokan harinya selesai kerja dari subuh. Gw jalan2 bareng Maisie dan Tamaki-san.
 Tujuannya emang ga gitu jelas sih jadi kami jalan2 aja ke arah pasar.
 
 Orang2 Port Said ramah2 juga ternyata.

 Kami mampir ke toko makanan. Kayaknya enak, kami pesan 2. Pemiliknya - sebut saja Amiir, saking ramahnya cerewet banget. Sambil bikinin pesanan kami, dia ngerocos terus. Gw ga inget dia cerita apa aja, gw juga ga inget dia bilang apa soal nama makanan ini.
 Modelnya kayak sandwich. Enak.
 Amiir memperkenalkan istirnya juga pada kami. Istrinya cantik, bertugas sebagai kasir.
 Lalu dia juga minta dipoto bareng temannya yang entah siapa. Gw juga lupa peran dia di rumah makan ini apa.

Gara2 ngeliat makanannya Amiir, gw jadi laper. Udah deh sampai sini aja Port Said-nya. Semoga Mesir ga bentrok2 lagi deh.

1 comment:

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...