banner

Tuesday, March 12, 2013

Keliling Dunia ke 6: Singapura

Singapura pasti bukan kota asing buat orang Indonesia, banyak temen gw yang udah sering kemari. Tapi gw, kalo bukan karena kerja di kapal, mungkin gw ga bakal pernah ke sini. Gw ga minat ke sini. Emang apa bagusnya sih nih negara...


Sejak pertama kali naik kapal, gw dah mampir ke negara ini setidaknya 6x. Tapi gw ga pernah keluar dari area sekitar terminal dan mall vivo city nya. Alesannya selain ga ada waktu banyak, gw juga ga tertarik mo kemana2. Tapi kali ini berbeda, di cruise 76 kali ini ada receptionist baru. Hehehe... Katanya dia pengen banget ngeliat Merlion. Karena ga ada yang nemenin, gw liat jadwal, ternyata pas istirahatnya bareng. (Hahaha, sebenernya ga kebetulan bareng sih, gw yang minta chief gw buat bikin jadwal istirahat gw sama)
Reception yang baru ini namanya Maisie. Dia cari2 tahu bagaimana cara ke sana dari buku travel Jepang, Arukikata (あるきかた) Singapore. Jadilah kami naik MRT. Ini nih pengalaman pertama kali naik kendaraan yang katanya bakal dibikin juga di Jakarta. Sebenernya dengan motret denah MRT di bawah ini, gw berharap bisa inget trus ceritain bagaimana gw sama Maisie ke Merlion. Tapi gw bener2 ga inget. Jadi dari pada gw salah ceritain lalu kalian nyasar, mending yang pengen ke sana baca aja tuh Arukikata.
Sebenarnya, kami juga nyasar. Setelah turun di stasiun tujuan, kami sempat kebingungan mau jalan ke arah mana. Trus dengan insting sok tahu gw, kami jalan tapi kok ga nyampe2. Padahal kalo liat peta harusnya deket. Lalu gw inget pepatah yang diajarin di SD: "Malu Bertanya Sesat Di Jalan". Gw coba bertanya ke seorang pemuda. Entah karena dia bingung ngejelasin, atau karena gw terlihat bodoh untuk dijelasin, akhirnya dia menawarkan tumpangan. Wuih.. lumayan dianterin pake mobil. Hehehe... di jalan, kami sempat ngobrol, tapi gw lupa siapa namanya. Yang gw inget ternyata dia keturunan Indonesia dan pernah sekolah di Jakarta. Tahu gitu dari awal gw nanya pake bahasa Indonesia aja.. Hahaha... Tapi emang dia lebih lancar ngomong bahasa Inggris sih.
Setelah turun dari mobil, kami tetap harus berjalan untuk sampai ke lokasi patung setengah singa setengah ikan yang muntahin air, alias Merlion. Sebenernya gw ga banyak moto karena gw males. Tapi dari beberapa hasil poto ini gw ngeliat beberapa gambaran Singapura. Pertama adalah banyak orang berkemeja lagi pada istirahat siang. Yup Singapura itu tempat kerja. Bahkan banyak temen gw yang pengen kerja di sini. Katanya gajinya gede, bahkan bisa lebih gede dari Jepang, padahal biaya hidupnya lebih kecil dari Tokyo. Yah, gw ga punya data valid tentang ini, tapi setidaknya ini pandangan temen2 gw.
Kedua, Singapura itu tempat wisata. Pas gw berjalan mendekati patung yang ternyata ga segede yang gw kira itu, banyak banget orang2 yang poto2 dan menikmati wisata bareng keluarga di sana. Tapi bagi orang Indonesia, ke Singapura itu bukan cuma wisata, tapi juga belanja. Bahkan sampai ada yang bilang Singapura itu kaya berkat orang2 Indonesia. Hehehe.. bagaimana tidak, menurut catatan di wiki yang diambil dari Singapore Tourism Board tahun 2010-2011, orang Indonesia menyumbangkan turis asing terbanyak sejak tahun 2000. Bahkan tahun 2011 2,5jt lebih orang Indonesia yang ke sini. Wow...
Lalu yang ketiga adalah Singapura itu tempat belajar. Hehehe... terlihat gambar di bawah orang asing lagi pada belajar. Gw jadi inget ada beberapa temen gw yang menimba ilmu di sana. Gw rasa ada dari teman kalian, kenalan atau bahkan kalian sendiri yang sekolah/kuliah di sana. Trus gw cari2 info, ternyata benar, Singapura masuk ke dalam 10 negara tujuan pelajar dari Indonesia, baik itu untuk jenjang S1, S2 maupun S3. Alasannya beragam, tapi yang masuk akal menurut gw karena dekat dengan Indonesia, beasiswa yang ditawarin dan ada Univ canggih di sana seperti Nanyang Tech. University
Ga banyak poto2 yang gw ambil. Berikut hampir semua poto yang gw ambil hari itu. Yang bawah ini Hotel gede yang atasnya ada bangunan kayak kapal. Hehehe... menarik. Sayang ga sempet ke sana. Padahal kayaknya seru.
Ini nih temen jalan gw kali ini. Hehehe... manis yah...
Udah deh abis poto2nya. Yang tersisa tinggal poto2 turis yang lagi poto2, gw poto2in juga aja dari jauh. Hehehe...




Pulangnya kami naik MRT lagi. Sempat bertemu beberapa kawan staff Peace Boat dari kapal juga, sebenernya diajak jalan2 lagi, tapi karena kami harus kembali kerja, kami menolak lalu pulang duluan. Pas pulang kami sempat salah naik MRT. Hehehe...

1 comment:

  1. Hoby motret turisa tapi kok ngak ada foto dirinya mas,khas orang asia oleh-oleh foto diri buat dipajang di ruang tamu heheh

    ReplyDelete

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...