banner

Wednesday, August 7, 2013

Hanko

Beberapa minggu lalu ngliat Maisie dapet Hanko tulisan namanya dari penumpang. Wah keren banget pikir gw, trus bilang kalo gw juga mau ke Ota-san yang baik hati. Hari ini gw dipanggil ke kantor akuntan. Di sana Ota-san yang baik hati ngasih kartu dan amplop yang di dalemnya ada hanko bertuliskan dodo dalam hiragana. Hanko ini sama kayak hanko nya Maisie dan Ota-san, buatan salah satu penumpang krus 80 ini, Kosugi Fumiharu.



Gw seneng banget. Sempat berpikir buat ngasih gantungan kunci batik ke Opa Kosugi-san sebagai ucapan terima kasih. Tapi pas ngliat tulisan di kartu, gw mengurungkan niat itu.

Di kartu itu Opa berusia 72 tahun ini memohon untuk ga ngasih hadiah ke dia. Hanko yang dia buat karea hobi ngukir ini adalah hadiah buat gw. Asalkan gw pake hanko ini dia udah seneng banget. Katanya dulu ada yang ngirim hadiah, trus dia balikin. Hai ini mengurangi kebahagiaan dia katanya. Hehehe... egois banget...

Sebagian dari otak gw yang dangkal bilang kalo dia ini egois, kok cuma dia yang boleh ngasih hadiah, kok kita ga boleh ngasih hadiah ke dia. Kita bakal seterusnya mengingat dia selama kita make barang dia, tapi kita ga diijinin untuk diingat sama dia melalui barang yang kita kasih. Gw ga mau make hanko dia ah... hehehe, ini mah gw yang egois yah...

Tapi pas ngeliat2 kartu dari dia, ada tulisan kalo hanko buatan dia untuk gw ini adalah hanko buatan dia yang ke 2541. Kembali gw mikir, sepertinya dia selalu mengingat hanko yang dia buat, dan dia juga mengingat ngasih ke siapa aja hanko nya. Setidaknya itu yang gw tangkep dari tulisan dia. Dia pasti mencatat siapa aja yang udah pernah dia buatin. Dan nama gw ada di catatan dia.

Trus ada lagi lanjutan dari tulisan dia:
「趣味と実益」は一緒にしない
「趣味は持ち出しで・・」と考えています
代価を頂くと押し売りになります。
ご理解ください。
Gw emang ga jago bahasa Jepang, dan gw pusing banget ngartiin kalimat keduanya. Intiny sih keknya dia ga nggabungin hobi sama keuntungan, hobi itu ada keuntungannya sendiri (mungkin?), dan kalo dia nerima imbalan, dia merasa ditekan buat jualan. Terakkhirnya dia meminta pengertian kita.

Jadi gw ga bakal ngasih opa itu barang ato duit sebagai ganti hanko ini. Gw bakal pake hanko ini, termasuk jadi watermark di poto2 gw selanjutnya.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...