banner

Wednesday, August 14, 2013

Terusan Suez

Terusan Suez itu bukan gaun panjang buatan oom Suez... Kalo bahasa Jepangnya スエズ運河, ga ngerti juga? Kalo Singlish jadi Suez Canal. Di Arab disebut Qanā al-Suways. Ngerti kan...? Ini merupakan jalan pintas dari Asia ke Eropa - dan sebaliknya - yang dibuka sejak tahun 1870. Sebelumnya orang barat kalo mo ngapel ke orang timur harus muterin Afrika yang jaraknya jauh banget dan berbahaya. Sekarang, cukup 2 minggu di laut cowo dari India dah bisa ngedate sama cewe Siprus. Hehehe... ngapain juga wakuncar pake kapal yak... (beh... jadul banget bahasa gw..)

Hari ini gw bangun pagi selain buat ngerayain ulang tahun Robby, juga karena pengen ngliat matahari terbit dan terusan Suez, saat daratan Asia dan Afrika bisa dilihat bersamaan. Keduanya masih wilayah negara Mesir yang sekarang lagi rusuh.


Bareng Maisie, Ota-san yang baik hati dan Robby, gw bikin Indomie goreng lalu membawanya ke mooring deck di belakang kapal.

Dari sana gw ambil poto SUTET yang nghubungin listrik antar benua. Di sebekah kiri poto Asia, sebelah kanannya Afrika. Di awal2 masuk terusan ini, Asia didominasi sama padang pasir, kesannya gersang. Afrika ga kalah gersang tapi masih ada pohon2 dikit kek pohon kelapa. Sebelah Afrika terlihat daerah2 hunian penduduk, Asia cuma ada sedikit bangunan tentara penjaga wilayah.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...