banner

Friday, July 8, 2016

Stefanus

Mumpung lagi liburan, gw punya banyak banget waktu leyeh2 di rumah. Hehehe... Karena Maisie juga masuk kerja selama liburan ini, kami emang ga ngerencanain kemana-mana. Tiap hari gw kerja nya cuma anterin Maisie ke Cikarang, trus beres2 kamar, trus nungguin Maisie pulang kerja deh. Wkwkwk.. Gw kayak Bapak Rumah Tangga yah... Asik banget bisa leyeh2 di rumah... Wkwkwk...

Tapi sayang kegiatan yang enak banget ini bakal berakhir. Emang membosankan sih, tapi gw pasti bakal kangen nyantai2 kek gini lagi. Soalnya sampai akhir tahun kerjaan bakal padet banget. Hiks hiks.. Mungkin nanti bakal susah ngblog lagi....

Nah mumpung lagi banyak waktu gini, hari ini gw posting lagi deh.. Hehehe... kerajinan banget yak 4 post dalam seminggu. Wkwkwk...

Kali ini gw mo ngebahas satu Tokoh luar biasa di Alkitab. Namanya Stefanus.
Alkitab Jadi Koleksi Aja....
Akhir2 ini gw lagi rajin bacain Alkitab ke anak gw dan Maisie yang masih ada di kandungan. Hehehe... Katanya mulai dari usia kandungan ke 2 bulan, janin udah mulai bisa dengar suara walo belum sempurna. Jadi gw udah mulai ajak2 ngobrol tuh.Trus tiap malam, sebelum tidur, suka gw bacain cerita. Awalnya gw bacain buku cerita apa aja yang ada di kamar. Pernah gw bacain buku Harry Potter yang pertama bahasa Jepang. Hehehe... Soalnya Maisie abis di-oleh2-in temennya buku itu. Pernah juga gw bacain Newbie Gadungan. Tapi semua nya ngbosenin. Buka janin nya sih yang bosen, soalnya dia gerak2 terus selama gw bacain. Tanda nya dia excited kan... Tapi gw yang bosen. Wkwkw...

Suatu malam gw kepikiran bacain Alkitab aja yang cerita nya seru. Di Alkitab kan banyak tulisan berbentuk narasi yang seru banget dan ga ngebosenin walo diulang2. Pertama2 Maisie minta diceritain tentang Yunus. Trus setelah cerita nya abis, gw sempet bingung mo bacain apa yah. Tapi karena waktu itu lagi minggu nya Pentakosta, gw kepikiran bacain Kisah Para Rasul aja. Ini pasti seru banget.

Walaupun nama Kitab ini dalam bahasa Indonesia adalah Kisah Para Rasul, tapi sebenarnya ini kisah pekerjaan nya Roh Kudus yang menggerakkan para rasul dan murid-murid buat bersaksi. Termasuk Stefanus.
Janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka
Kisah nya Stefanus ini singkat banget diceritain nya. Dia baru diperkenalkan di Kisah Para Rasul pasal 6. Waktu itu murid-murid makin banyak, 12 rasul keteteran melayani. Akhirnya dipilihlah 7 orang untuk membantu dalam pelayanan, supaya 12 rasul itu bisa fokus doa dan pelayanan Firman. Nah Stefanus adalah salah satu dari 7 orang tersebut.

Setelah itu tercatat bahwa Firman Allah makin tersebar dan jumlah murid makin bertambah banyak, termasuk ada banyak imam besar yang menjadi percaya. Lalu ada orang-orang yang sepertinya sirik sama Stefanus yang penuh dengan karunia dan kuasa. Orang-orang ini ga sanggup melawan kepinteran Stefanus berbicara sampe mereka menghasut orang lain supaya Stefanus ditanggkap untuk diadili di Mahkamah Agama. Stefanus dituduh menghina hukum Taurat dan pengen mengubah adat istiadat yang diwariskan Nabi Musa.

Untuk kita di jaman ini mungkin kurang ngerti betapa mengerikannya tuduhan itu. Di jaman nya Stefanus ini, hukum Taurat adalah hukum yang dijunjung tinggi. Kalo ada orang yang melawan atau menhina hukum ini, bisa dihukum mati. Apalagi Nabi Musa adalah Nabi yang luar biasa juga. Dia lah orang yang dipakai Tuhan buat menyelamatkan orang2 Israel dari Mesir. Peristiwa penyelamatan itu mereka rayain tiap tahun. Jadi sekali lagi, kalo ada yang merendahkan Nabi ini, orang2 yang katanya beragama di jaman itu, bisa tersinggung dan marah. Beda kan sama Indonesia saat ini.... hehehe...

Nah singkat cerita (yang emang singkat), di pasal 7, Stefanus ngasih pembelaan dia. Dia cerita tentang mulai dari Nabi Abraham, Musa, dan Daud sampai ke Yesus, Orang Benar yang mereka khianati dan bunuh. Nah cerita ini seharusnya juga sama dengan apa yang orang-orang zaman itu tahu. Tapi mendengar pembelaan Stefanus yang lebih mirip ke kotbah ini, Mahkamah Agama malah makin sewot. Stefanus diseret ke luar kota untuk dilempari batu lalu wafat sebagai martir.

Yang gw salut sama Stefanus ini, dia tuh ngerti banget sama apa yang dia percayai dan ga ragu soal itu. Di pasal 6 tuh dia dipanggil cuma untuk melayani orang miskin. Pelayanan doa dan Firman itu udah bagiannya Petrus dan rasul2 yang lain. Tapi ketika dituduh sama Mahkamah Agama, dia ga berusaha membela diri dia sendiri. Gw akan memaklumi kalo dia minta Petrus gantiin dia ngomong. Toh Petrus udah pernah diadili Mahkamah Agama juga (Pasal 4), bisa lah ngomong sekali lagi. Tapi untungnya Stefanus ga pengecut kek gw. Dia tahu Siapa di belakang dia. Siapa Yang jaga dia. Dia sepenuh nya tahu, kalopun memang harus mati, berarti emang udah sampe situ tugas dia. Adalah kebanggaan dia bisa menyelesaikan tugas dengan baik.

Yang kedua, di akhir napas nya dia, Stefanus masih ngomong: "Tuhan, janganlah tanggungkan dosa ini kepada mereka!". Gw sekali lagi bakal maklum, kalo di sisa-sisa napas dia, Stefanus bakal mengutuk orang-orang yang bunuh dia. Atau kalopun ga sejahat itu, bakal berdoa dan mikir untuk diri sendiri aja. Berdoa minta disiapin puluhan cewe cantik di surga. Untung nya Stefanus emang ga sejahat dan semesum gw. Lagian Tuhan juga ga pernah janjiin itu sih di surga. Yang Tuhan janjiin di surga adalah akan bersama-sama dengan Dia di sana. Itu harusnya udah lebih dari cukup untuk jadi motivasi kita ke sana. Ketika mati, Stefanus tahu dia akan bertemu Pencipta nya yang maha kasih. Maka sudah seharusnya juga dia memiliki kasih itu, termasuk mengasihi orang jahat.

Gw sempet terharu waktu merenung Kisah Para Rasul pasal 6 dan 7 ini.

Saking kagum nya sama tokoh ini. Gw sempat mengusulkan 'Stefanus' buat jadi nama bayi ke Maisie. Tapi ga jadi karena ada bagian ga bagus nya di nama tersebut. Hehehe.. Maaf yah buat pembaca yang namanya Stefanus, ga bermaksud menghina kok...

No comments:

Post a Comment

Terima kasih udah mampir...
Kalo mo liat gambarnya lebih gede, klik aja gambarnya...
Silahkan kasih komentar.... yang sopan yah..
Yang ga sopan, ga usah komen... yang ga komen gw doain dateng lagi supaya komen... Hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...